Post

BPAD Sulsel Gelar Bimtek‎ Pengelolaan Arsip Aset

27 April 2016

BPAD Sulsel Gelar Bimtek‎ Pengelolaan Arsip Aset

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Sulsel menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Aset selama tiga hari di Hotel D’ Maleo Makassar, 26-28 April 2016. Bimtek ini diikuti 72 orang peserta berasal dari perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) seluruh kabupaten/kota se-Sulsel.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Sulsel, Drs H Abd Rahman MM, saat membuka bimtek ini di Hotel D’ Maleo Makassar, Rabu (27/4), menekankan pentingnya bimtek pengelolaan arsip aset, sebab tidak sedikit aset pemerintah, baik itu di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat bermasalah karena arsip aset yang tidak tertata rapi.

“Selama ini aset tidak tertata dengan baik. Dulu aset tidak dihitung, tetapi seiring perkembangan waktu, maka perlu penataan arsip aset yang bagus. Suatu masalah tidak akan bisa selesai kalau tidak bagus arsip aset,” terangnya.

Rahman menjelaskan, tidak sedikit sengketa muncul gara-gara aset, baik antar pemerintah kabupaten/kota dengan pemerintah provinsi maupun antara pemerintah provinsi dengan pemerintah pusat. Termasuk pemerintah dengan masyarakat. Bahkan, banyak juga perkara aset sesama masyarakat itu sendiri.

“Permasalahan aset itu tidak hanya sebatas sengketa, bahkan parahnya ada yang sampai menelan korban jiwa. Sengketa seperti inilah yang harus dihindari dan ditekan,” jelasnya.

“Tidak hanya aset pemerintah dengan masyarakat umum, tetapi antara pemerintah kabupaten/kota dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat juga masih banyak yang abu-abu (kurang jelas),” tambahnya.

Rahman mengajak peserta bimtek dan semua pihak untuk menjaga kekayaan negara, sama halnya menjaga milik kita sediri.

“Contoh kecil, ada kepercayaan pemerintah menyediakan rumah dinas dan kendaraan dinas. Apa salahnya kita jaga dan rawat baik-baik, agar pengeluaran pemerintah bisa ditekan dan dana yang ada itu dapat digunakan untuk kepentingan lainnya yang tidak kalah pentingnya,” terang Rahman.

“Makanya bimtek ini diharapkan bagaimana arsip aset bisa tertata dengan rapi, terutama di daerah kabupaten/kota. Harapan lainnya, pemerintah kabupaten/kota juga melakukan bimbingan serupa kepada setiap desa-desa dan kelurahan. Kalau di desa kuat, maka otomatis di tingkatan atasnya juga akan kuat, seperti di tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga pemerintah pusat,” tambahnya.

Sekretaris Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Sulsel,‎ Drs Yulianto MA, mengatakan, tujuan bimtek ini guna meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) aparat dalam mengelola arsip aset, meningkatkan sistem pengelolaa dan penataan arsip aset di lingkup SKPD dan LKD kabupaten/kota, dan meningkatkan pelayanan administrasi pemerintah daerah.

“Sasaran bimtek ini, terwujudnya tata kearsipan yang mengacu pada ketentuan yang berlaku di lingkungan SKPD dan LKD kabupaten kota serta terciptanya keseragaman sistem pengelolaan arsip aset di lingkungan SKPD dan LKD kabupaten/kota,” jelas Yulianto didampingi H Ahmad Saransi, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Kearsipan (PPK) Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Sulsel.

http://rakyatsulsel.com/bpad-sulsel-gelar-bimtek%E2%80%8E-pengelolaan-arsip-aset.html

 



Tags:

Comment (0)

Leave a Comment